Sistematika Penulisan TUGAS AKHIR / SKRIPSI
a. Bagian Awal
i. Halaman Judul TA atau Skripsi
meliputi informasi Judul TA atau Skripsi, Subjudul : Studi kasus atau Studi Literatur, tulisan : ”Tugas Akhir” atau “Skripsi”, Nama dan NPM mahasiswa, Logo institusi, Nama institusi, Jurusan, Program Studi dan tahun (seperti contoh pada lampiran).
ii. Lembar pengesahan
untuk pengesahan laporan TA atau Skripsi oleh ketua Jurusan dan dosen pembimbing
iii. Abstrak
adalah suatu sinopsis yang menggambarkan isi keseluruhan laporan TA atau Skripsi yang meliputi minimal empat paragraf. Paragraf pertama berisi tema pokok atau uraian singkat topik TA atau Skripsi. Paragraf kedua berisi batasan tema pokok dan alasannya. Paragraf ketiga berisi Metoda atau Teknik yang dipakai dalam TA atau Skripsi. Paragraf keempat berisi hasil yang telah dicapai dalam TA atau Skripsi serta kesimpulan sementara. Abstrak ditulis dalam satu spasi.
iv. Kata Pengantar
berisi pernyataan penghargaan penulis kepada dosen pembimbing, dosen penguji, dosen-dosen lain yang terlibat dan pihak-pihak yang berjasa dalam penyelesaian penulisan TA atau Skripsi selain pihak keluarga
v. Daftar isi
sesuai urutan penulisan mulai dari abstrak sampai lampiran
vi. Daftar gambar, tabel dan simbol (jika ada)
b. Bagian Inti
i. Bab I. Pendahuluan:
Berisi latar belakang, identifikasi dan batasan masalah, maksud dan tujuan, metodologi, waktu dan lokasi penelitian dan sistematika penulisan.
ii. Bab II. Landasan Teori
Berisi teori dasar yang mendukung penulisan TA atau Skripsi, mencakup metoda atau teknik yang digunakan, teori tentang permasalahan, uraian singkat perangkat implementasi yang dipakai, dan kerangka penyelesaian masalah. Contoh : Definisi SI yang sudah umum tidak perlu disertakan
iii. Bab III. Analisis Kebutuhan
Berisi penjelasan tentang hasil pendefinisian kebutuhan dari permasalahan yang dijadikan topik TA atau Skripsi berikut pemodelannya.
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi :
- uraian singkat sejarah, struktur organisasi, fungsi unit organisasi
- prosedur pelaksanaan pekerjaan dari permasalahan
- uraian hasil analisis kebutuhan sistem informasi, meliputi: deskripsi kebutuhan informasi, deskripsi kebutuhan fungsional, dan pemodelan kebutuhan fungsional, (DFD, DD, dan P-Spec).
iv. Bab IV. Perancangan
Berisi penjelasan tentang hasil perancangan berikut pemodelannya.
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi
- perancangan perangkat lunak meliputi arsitektur dan algoritma program
- perancangan antar muka perangkat lunak, meliputi struktur menu, tata letak layar, dan tata letak dokumen keluaran
- perancangan basisdata meliputi diagram E-R, struktur tabel, dan relasi antar tabel
v. Bab V. Implementasi (D3) atau Implementasi dan Pengujian (S1)
Berisi penjelasan tentang pelaksanaan implementasi berdasarkan pada hasil perancangan. (D3) dan pengujian program aplikasi atau kinerja SI (S1)
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi (D3):
- lingkungan implementasi, meliputi penjelasan tentang perangkat keras, platform sistem operasi dan basis data, serta bahasa pemrograman yang digunakan.
- batasan implementasi
- implementasi modul program
- implementasi antarmuka
- implementasi basis data
- kasus uji dan tabel hasil pengujian (S1)
vi. Bab VI. Kesimpulan dan Saran
Berisi kesimpulan (hasil yang berhasil diselesaikan sesuai ruang lingkup batasan masalah) dan saran (terhadap masalah yang belum terselesaikan sebagai pengembangan dan perbaikan-perbaikan) tentang kasus TA atau Skripsi
c. Bagian Akhir
i. Daftar pustaka : Urutan buku atau informasi situs Internet atau sumber lain,
ii. Lampiran-lampiran, sesuai kasus TA./ Skripsi
CONTOH :
Tugas Akhir Program Diploma 3 / TA.D-3
Judul : ” Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Di PT. Niaga Umul Quro Bandung menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 ”
Sistematika Penulisan TA atau SKRIPSI
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Maksud dan Tujuan
1.4.1 Maksud
1.4.2 Tujuan
1.5 Metodologi
1.5.1 Metodologi Pengumpulan Data
1.5.2 Metodologi Pengembangan Sistem
1.6 Lokasi dan Waktu Penelitian
1.6.1 Lokasi Penelitian
1.6.2 Waktu Penelitian
1.7 Sistematika Penulisan
BAB II. LANDASAN TEORI
2.1 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.1.1 Pengertian
2.1.2 Teknik Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.1.3 Perangkat Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.2 Teori tentang masalah yg dibahas
2.2.1 Sistem Penjualan
2.2.1.1 Pengertian
2.2.1.2 Macam-macam Penjualan
2.3 Perangkat Implementasi Sistem
2.3.1 Uraian singkat Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0
2.3.2 Pemrograman Client Server dengan Visual Basic 6.0
BAB III. ANALISIS KEBUTUHAN
3.1 Tinjauan Organisasi
3.1.1 Sejarah singkat Organisasi
3.1.2 Struktur Organisasi dan Uraian Tugas
3.2 Analisis Sistem ( Sistem berjalan/lama )
3.2.1 Prosedur Kerja Sistem Penjualan
3.2.2 Identifikasi Dokumen
3.2.2.1 Dokumen Masukan
3.2.2.2. Dokumen Keluaran
3.2.3 Identifikasi Kebutuhan Pemakai ( Kebutuhan akan Sistem rancangan baru, Kemampuan akan sistem yang akan dibuat. )
3.3 Analisis Kebutuhan Sistem ( Sistem rancangan yg baru )
3.3.1 Kebutuhan Informasi
3.3.2 Kebutuhan Aplikasi
3.3.3 Kebutuhan Perangkat Keras
3.4 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak ( Sistem rancangan yg baru )
3.4.1 Kebutuhan Fungsional Perangkat Lunak
3.4.2 Pemodelan Kebutuhan Fungsional
3.4.2.1 Diagram Konteks
3.4.2.2 Diagram Alir Data
3.4.2.3 Kamus Data
3.4.2.4 Spesifikasi Proses
3.4.3 Pemodelan Data Konseptual
3.5 Kriteria dan Batasan sistem ( Sistem rancangan yg baru )*optional
BAB IV. PERANCANGAN
4.1 Usulan Struktur Organisasi yg baru ( Bila ada )
4.2 Perancangan Sistem Informasi
4.2.1 Perancangan Prosedur Kerja Sistem Baru
4.3 Perancangan Perangkat Keras
4.3.1 Arsitektur Konfigurasi Perangkat keras
4.3.2 Spesifikasi Perangkat Keras
4.3.3 Spesifikasi Perangkat Lunak
4.4 Perancangan Basis Data
4.4.1 Keterhubungan Antar Tabel
4.4.2 Deskripsi Tabel
4.5 Perancangan Perangkat Lunak
4.5.1 Arsitektur Perangkat Lunak
4.5.2 Antar Muka Pemakai
4.5.3 Algoritma Program
BAB V. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
5.1 Lingkungan Implementasi
5.1.1 Perangkat Keras
5.1.2 Perangkat Lunak
5.2 Hasil Implementasi
5.2.1 Implementasi Basis Data
5.2.2 Implementasi Modul Program
5.2.3 Implementasi Antar Muka Pemakai
5.3 Lingkungan Pengujian
5.3.1 Perangakat Keras
5.3.2 Perangkat Lunak
5.4 Pelaksanaan Pengujian
BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA DAN REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar